Selasa, 22 April 2014

Pentingnya Penghijauan bagi kita

Penghijauan sangat penting untuk lingkungan yang sehat. Penghijauan bermanfaat untuk kelangsungan hidup dari sumber daya alam diseluruh bagian di bumi. Dalam pengertiannya penghijauan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah kerusakan yang terjadi di sebuah lingkungan.
Intinya penghijauan merupakan sebuah pemulihan dari suatu kerusakan yang terjadi di lingkungan. Pemulihan yang dilakukan dengan penghijauan merupakan pemulihan yang akan membuat lingkungan dapat menghasilkan serta memiliki fungsi sebagai pengatur dan pelindung lingkungan.
Pengertiannya dasar dari lingkungan yaitu, bahwa lingkungan merupakan bagian dari kehidupan manusia, terdiri dari sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup seluruh umat manusia.
Disini bisa diartikan jika sumber daya yang terawat dengan baik akan memperpanjang kelangsungan hidup dari umat manusia. Maka dari itu penghijauan sangat dibutuhkan untuk pemulihan sumber daya alam yang berpengaruh pada kehidupan manusia.
Penghijauan umum dilakukan dengan penanaman tumbuhan. Tumbuhan merupakan bagian terpenting untuk penghijauan. Karena penghijauan pada tumbuhan akan mengurangi dampak dari keadaan yang membahayakan lingkungan.
Penghijauan biasanya banyak dilakukan di lingkungan perkotaan, karena di Lingkungan perkotaan lahan hijaunya sangat jarang bahkan bisa jadi bahkan tidak ada lahan hijau di perkotaan yang padat penduduk. Upaya penghijauan yang dapat dilakukan di daerah perkotaan adalah dengan menambah tempat atau lahan untuk melakukan penghijauan itu sendiri.
Pembukaan lahan penghijauan dapat berupa taman kota dengan menanam pohon-pohon rindang yang memberikan suasana sejuk jauh dari polusi udara. Proses penghijauan dilakukan dengan penanaman pohon di ruang terbuka. Tumbuhan hijau ikut menyumbang oksigen melalui proses fotosintesis.
Pengambilan CO2 dan pengeluaran C6H12O6 ditambah dengan campuran dari peran senyawa O2 maka akan terjadi proses fotosintesis. Proses fotosintesis itu dilakukan tumbuhan dan melepaskan gas oksigen ke udara.
Proses ini sangat penting karena untuk sebuah proses penghijauan tumbuhan hijau harus melakukan proses fotosintesis. Jika unsur senyawa yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis tidak dapat terpenuhi maka proses penghijauan yang bermanfaat untuk lingkungan tidak akan terlaksana.
Manfaat penghijauan adalah sebagai berikut:
  1. Peran penghijauan dapat dikatakan sebagai organ pernafasan vital dari lingkungan. Jika pada manusia adalah paru-paru yang mempunyai fungsi sebagai alat pernafasan. Jika pada lingkungan penghijauan tumbuhan merupakan paru-paru dari lingkungan.
  2. Penghijauan dapat berguna sebagai pengatur lingkungan, mengatur produksi udara yang akan dihasilkan. Hasil udara sejuk, segar dan bersih sangat diatur oleh pengaruh dari penghijauan.
  3. Penghijauan berperan bagi keseimbangan dari sebuah lingkungan alam dan sumber daya alam. Keseimbangan yang akan ditimbulkan pada proses penghijauan adalah keseimbangan alam pada populasi satwa yang hidup di seluruh alam.
  4. Menambah persediaan air bagi komponen abiotik pada tanah, juga membuat makhluk hidup di dalam tanah dapat melaksanakan tugasnya untuk tetap menjaga kesuburan tanah. Sehingga tumbuhan dapat memberikan dampak kesehatan bagi mahkluk hidup.
  5. Mengurangi pengikisan tanah yang dapat mengakibatkan erosi.
  6. Penghasil oksigen, alat penyerapan karbondioksida yang terjadi pada proses dari sebuah proses fotosintesis akan membantu pembersihan udara yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk kesehatan manusia.
  7. Dengan proses penghijauan akan menimbulkan keindahan dan kebersihan yang membuat manusia dan ekosistem yang lain dapat hidup dengan jangka waktu yang lebih lama.
Penanaman pohon yang dilakukan sebagai usaha penghijauan sangatlah penting karena pohon merupakan sarana penghijauan yang paling berpengaruh di dunia. Satu pohon sangat bermanfaat. Ada berbagai macam pohon yang sering ditanam sebagai upaya penghijauan.
Beberapa pohon yang ditanam untuk penghijauan adalah pohon akasia, pohon matoa, pohon palem putri, pohon cemara bundel, pohon johar, pohon tanjung dan masih banyak lagi pohon yang membantu untuk penghijauan. Menanam pohon merupakan upaya penghijauan yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar